Pisau golok khusus sembelih qurban




Alat untuk menyembelih hewan qurban
Selain faktor keterampilan juru sembelih, hal lain yang perlu diperhatikan adalah alat untuk menyembelih hewan yakni Pisau atau golok Sembelih.

Berikut Persayaratan Teknis pisau yang digunakan untuk menyembelih hewan qurban :

1. Kesucian alat sembelih
Pisau atau golok yang digunakan harus dalam keadaan bersih dan bebas karat karena apabila pisau berkarat akan dapat menyebabkan pencemaran logam berat pada daging. Papaparan logam pada manusia dapat mengakibatkan banyak masalah kesehatan seperti gangguan ginjal bahkan hingga kanker.
 
Bagian daging sapi


2. Ukuran pisau / golok minimal 1,5 kali lebar leher hewan
  – Untuk kambing / domba panjang pisau minimal 20 cm
  – Untuk sapi / kerbau panjang pisau minimal 30 cm.
  Diharapkan dengan ukuran tersebut, pisau dapat menjangkau bagian leher hewan sehingga memudahkan untuk menyembelih tiga saluran yang harus terputus sebagai syarat halalnya proses penyembelihan.

3. Bentuk fisik Pisau / Golok untuk sembelih kurban
  Tidak ada aturan shahih yang mengatur desain alat untuk memotong qurban. selama alat potong untuk qurban tersebut bukanlah tulang atau kuku manusia maupun hewan. serta termasuk juga dengan gigi, yang pada dasarnya gigi adalah tulang, (hal ini masih di perdebatkan oleh sebagian ulama)
di pasaran terdapat banyak sekali jenis dan tipe pisau/ golok untuk sembelih. dengan variasi model dan harga dari yang murah sampai mahal. sangat di sarankan untuk memilih bahan pisau/golok yang terbuat dari baja karbon, contoh yang umum seperti baja per, klaher/bearing, gergaji, pisau planner hss, dll. dan janganlah menggunakan pisau/golok yang berbahan stainless steel, karena bahan tersebut sangat lunak, lebih cocok sebagai sendok garpu saja. karena sangat gampang tumpul

Perbandingan daya tahan ketajaman baja karbon

4. Pisau harus sangat tajam
  Pisau yang tajam akan memudahkan proses penyembelihan, tidak memerlukan banyak tenaga, hasil sayatan bekas sembelihan akan halus sehingga tidak banyak jaringan yang rusak (mengurangi rasa sakit hewan) dan hanya sedikit mengaktivasi faktor pembekuan darah sehingga proses penyembelihan dapat berlangsung dengan cepat, dan pisau yang tajam akan memudahkan dalam memotong 3 saluran yaitu trachea (tenggorokan/saluran nafas), esofagus/kerongkongan, dan pembuluh darah (vena jugularis, arteri carotis communis kanan dan kiri) secara sempurna. Proses penyembelihan yang sempurna diharapkan dapat mengeluarkan darah secara cepat, deras, dan tuntas.
dengan acuan ukuran alat sembelih di atas (nomor 2), pisau atau golok sembelih sebaiknya yang memiliki bahan baja yang dapat mempertahankan ketajaman selama mungkin (edge retention). karena pada prakteknya di lapangan, kebanyakan pisau / golok untuk sembelih hanya tajam untuk menyembelih 1 sampai 3 hewan saja, yang selanjutnya ketajaman pisau/golok berkurang karena mengalami friksi (gesekan) berulang secara cepat dengan kulit hewan tersebut. Hal tersebut sangat lumrah di temukan pada saat penyembelihan di hari idul Adha. yang dapat mengakibatkan sang jagal harus mengasah pisau/goloknya lagi supaya kembali tajam, yang dapat membuang buang waktu. Untuk itu di sarankan pilihlah pisau.golok dengan material baja yang sebaik mungkin. yang dapat mempertahankan ketajaman selama mungkin karena tidak cepat tumpul. anda bisa membeli di sini


Tutorial menyembelih hewan qurban sesuai syar'i


Pisau khusus potong ketupat lebaran
Kini Tersedia di Bukalapak
dengan harga promo!! klik gambar atau tautan ini


PISAU MAGURO KIRI BOCHO TUNA KNIFE
Pisau Takohiki Maguro kiri
Klik LINK ini untuk membeli via apl Bukalapak
panjang bilah : 270mm
tebal bilah : 3mm
panjang total dengan handle : 40cm
material bilah : Baja Aisi D2
bevel : single
kekerasan : 65hrc
material handle : kayu sonokeling
tipe handle : wa (octagon shape)

Pisau Sushi Sashimi Sujihiki
Pisau Sushi Yanagiba
Klik LINK ini untuk pemesanan via Whatsapp
panjang bilah : 230mm
tebal bilah : 3mm
panjang total dengan handle : 36cm
material bilah : Baja HSS
bevel : single
kekerasan : 62hrc
material handle : kayu burl amboyna
tipe handle : wa (octagon shape)




jual pisau sembelih qurban paling bagus
pisau potong kambing sapi
golok khusus sembelih kambing sapi
golok sembelih murah
pisau untuk menguliti kambing kurban sapi
baja paling bagus untuk golok sambelih
teknik menyembelih sapi hewan qurban kambing
cara potong kambing sapi secara cepat
golok damaskus pamor
golok balik mipih damascus